mendengkur
Tahukah kalian, Mendengkur Itu Berbahaya?

Berita unik- Apa kalian tahu?, mendengkur itu dapat menyebabkan penyakit seperti: Stroke, Hipertensi dan Jantung. Mendengkur sebenarnya tidak boleh dianggap hal yang di remehkan, gangguan tidur atau bisa disebut dengan “Sleep Apnoea” dalam istilah kedokteran, hal itu terjadi dikarenakan oleh penyempitan saluran pernafasan, hal ini dapat menyebabkan kematian.

mendengkur

Menurut pakar gangguan tidur dokter Dr. Peter Cistulli dari Rumah sakit St. George Sydney, Australia mengatakan bahwa penyempitan saluran pernafasan akan mengakibatkan oksigen ke seluruh tubuh akan menjadi terhambat.

Pada tingkatan-tingkatan tertentu mendengkur dapat membuat pernafasan berhenti (obstructive sleep apnoea), hal ini bisa terjadi berulang-ulang kali dengan waktu sekitar 10-60 detik, berarti orang yang mendengkur dapat berhenti bernafas sejenak sebanyak 300 kali dalam sehari kata Dr. Peter Cistulli.

Dengan sedikitnya suplai oksigen membuat semua organ tubuh termasuk otak dan jantung menjadi bekerja keras untuk menggerakan fungsinya, dan oleh karena itu mendengkur dapat mengakibatkan berbagai penyakit yang berbahaya seprti: Hipertensi, Jantung, dan juga Stroke. Kadar oksigen yang flukuatif akan merusak lapisan-lapisan dalam pembuluh darah.

Pernafasan saat mendengkur

Yang perlu kita waspadai adalah jika suara dengkuran itu menjadi keras, lalu tiba-tiba berhenti dan lalu disusul dengan, hal itu akan memicu terutama bagian jantung akan bekerja lebih keras untuk memaso oksigen , dan ketika saat bangun akan terasa pusing atau sakit kepala.

Untuk mengatasi mendengkur bukanlah hal yang mudah dilakukan, akan tetapi kita bisa menimalisir gangguan tersebut dengan tips-tips berikut:

1.Pakai Bantal Yang Tinggi

Posisi kepala yang lebih di tinggi dari badan akan membuat pernafasan akan menjadi lebih lancar dan juga akan menghidarkan dari dengkuran.

2.Tidur Miring

Posisi tidur yang miring akan membuat saluran pernafasan anda lebh lancar, sedangkan posisi tidur melentang atau tengkurap akan membuat organ menjadi tertekan dan juga akan mengakibatkan cengkuran.

3.Kurangi Berat Badan

Berat badan adalah salah satu faktor yang mengakibatkan dengkuran, lipatan lemak yang ada di leher anda akan membuat aliran udara menjadi terhambat.

4.Berhenti Merokok

Jika anda adalah seorang perokok sebaiknya anda berhenti, racun ada di rokok akan mengakibatkan gangguan pada saluran pernafasan.

5.Kurangi mengosumsi alkohol

Jika anda sering mengosumsi alkohol, anda harus mengurangi mengosumsi alkohol atau lebih baik berhenti, karena alkohol akn melemahkan sistem saraf bagian tenggorokan dan rahang.