monalisa
Misteri dari Senyuman Mona Lisa Terpecahkan

Berita Unik– Seyuman dari lukisan Monalisa memang mengundang tanda tanya besar, karena senyuman yang tipis itu dapat berubah-ubah. Berbagai macam Teori, Interpretasi, dan Perdebatan yang sudah banyak dilontarkan, tetapi hal itu masih menjadi misteri.

monalisa

Monalisa adalah salah satu karya seni dari Leonardo Da Vinci yang banyak menarik perhatian oramg-orang di dunia, lukisan ini banyak sekali menyimpan Teka-teki. Mulai dari siapa sebenarnya Monalisa itu, dan senyuman yang tipis itu juga menyimpan misteri.

Senyuman dari lukisan Monalisa sangat mengundang tanda tanya besar, jika diperhatikan senyuman tipis itu dapat berubah-ubah, lukisan yang berada di Museum Louvre, Prancis. Macam-macam Teori, Interpretasi dan perdebatan, tetapi senyuman itu masih menjadi misteri dan banyak membuat orang menjadi penasaran.

Sekarang, Teori baru pun muncul, sekarang giliran penelitian dari Universitas Sheffied Hallam dan Sunderland. Teori baru ini dianggap dapat mengukapkan misteri dibalik senyuman dari lukisan Monalisa.

Dalam bidang itu para peneliti, mereka mempelajari lukisan La Bella Principessa karya Da Vinci yang sebelum Monalisa ada, lukisan itu dibuat pada akhir abad ke-15, mereka menemukan kemampuan Da Vinci dalam memikat orang dengan lukisannya.

Menurut para peneliti, Da Vinci memiliki kemampuan yang handal dalam pencampuran warna, lukisan yang sudah dibuat Da Vinci telah memengaruhi dalam Visi Periferal (Pengelihatan Tepi), Visi Periferal adalah seseorang yang melihat benda sekelilingnya secara fokus.

Dengan menggunakan teknik tersebut, pandangan kita seolah-olah tertipu, karena bentuk mulut Monalisa seolah-olah berubah, sesuai dari sudut pandang kita saat melihat lukisan, teknik yang digunakan Da Vinci disebut dengan Sfumato, teknik tersebut dapat dilihat pada lukisan La Bella Principessa dan Monalisa. Menurut para peneliti, banyak pelukis lain yang mencoba menggunakan tersebut pada beberapa lukisan mereka, akan tetapi tidak sehebat Da Vinci.

Dalam makalah yang dimuat Alessandro Soranzo dan Michelle NewBerry dari jurnal Vision Research , dalam makalah tersebut mereka mengutip , “Senyum itu akan menghilang secepat orang yang mencoba “mengamatinya”, Kami menyebut ilusi visual ini dengan sebutan “Senyuman Yang tidak Tertangkap’”.

Untuk mengungkap misteri bagaimana cara kerja ilusi yang dibuat oleh Da Vinci, para peneliti melakukan tes sejumlah relawan untuk melihat lukisan dari kejauhan, orang-orang yang menjadi relawan mereka sepakat bahwa lukia La Bella Principessa dan Monalisa lebih bahagia jika dilihat dari kejauhan.

Lalu para peneliti meminta dalam relawan dalam bidang itu untuk meihat, versi lukisan yang memiliki guratan hitam yang terdapat pada di atas mata dan mulut, untuk mengtahui apakah ada perubahan pada eksperisi tersebut terjadi pada keduanya atau hanya pada bagian mulut saja. Soranzo mengatakan, “mengingat dalam penguasaan teknik yang dimiliki oleh Da Vinci dan dalam penggunaanya lukisan Monalisa, ini sangat dapat dibayangkan Ambiguitasnya memang disengaja”.