Mengenal Tugas dan Tanggung Jawab Manajemen SDM dan Manajer SDM
Mengenal Tugas dan Tanggung Jawab Manajemen SDM dan Manajer SDM

Banyak sekali orang yang terkesan menganggap remeh dengan pekerjaan yang berkutat seputaran manajemen SDM dan manajer SDM, padahal jika dilihat pada faktanya, tugas dan tanggung jawab yang harus di emban bukanlah sesederhana itu. Bisa dikatakan jika sebuah perusahaan sebesar apapun tidak akan bisa berjalan dengan baik tanpa adanya bagian khusus SDM dimana yang akan mengurus semua kepentingan dari hal paling kecil sampai paling rumit seputaran masalah sumber daya manusia yang mencakup semua jajaran jabatan yang bekerja di sebuah perusahaan tersebut.

Mulia nya Tugas Manajemen SDM dan Manajer SDM

Bisa dikatakan jika tugas pada bagian SDM adalah harus mencakup banyak hal seperti absensi, penggajian, payroll, sangsi bagi karyawan yang bekerja tidak tepat waktu atau mangkir, dll yang harus selalu berkaitan dengan aturan perundang-undangan ketenagakerjaan yang cukup rumit. Bisa dikatakan bagian SDM atau HRD atau apapun itu sebutannya adalah berada pada posisi yang sulit dimana perusahaan akan menuntut karyawannya seperti apa juga melalui SDM dan karyawan ingin menuntut hak nya ke perusahaan juga harus melalui bagian SDM. Posisi SDM cukup rumit karena terhimpit diantara 2 bagian tetapi tetap harus mampu mengambil keputusan dengan baik dan benar tanpa mengikuti sisi emosional tetapi tetap professional.

Ilmu Manajemen SDM

Walaupun tugas yang harus dipikul oleh bagian SDM sangatlah banyak termasuk mengurus asuransi kesehatan, mengatur jalannya operasional para karyawan di bagian SDM itu sendiri, mengatur bonus, tunjangan, denda yang harus diberikan kepada karyawan bahkan atasan sampai menerbitkan surat pemecatan, surat peringatan bagi karyawan yang bekerja tidak sesuai aturan. Tugas bagian SDM tidak hanya sekedar merekrut karyawan baru, mentraining saja namun semua nya berada pada pundak bagian SDM. Nah, bagaimana dengan manajer SDM? Sebagai seorang manajer SDM tentu harus mampu membawahi semua karyawan bagian SDM yang terdiri dari manusia-manusia super agar bisa bekerja sesuai target.

Manajer SDM juga harus mampu memberikan evaluasi kepada setiap karyawannya juga memberikan data yang valid ketika sedang ada bagian audit yang memeriksa semua data, sampai memberikan pelatihan bagi karyawan baru SDM atau perusahaan yang sudah di rekrut. Bisa dikatakan bahwa posisi manajer SDM harus mampu menjadi orang yang netral dalam mengambil pandangan dan kebijakan terkait aturan, prosedur dan tata laksana dalam perusahaan yang nantinya akan langsung berhubungan dengan pihak tertinggi pada perusahaan tersebut seperti direktur atau direksi.

Untuk menjadi seorang manajer SDM maka tentu harus memiliki background yang sesuai dengan bidang nya. Kualifikasi yang cukup tinggi akan menjadi penilaian dan pertimbangan yang sangat penting. Tujuannya agar mampu memaksimalkan fungsi dan tugas dalam dunia manajemen SDM dan manajer SDM dengan baik dan benar.

Info lebih lengkap kunjungi : http://ilmumanajemensdm.com/