Beberapa fungsi aplikasi akuntansi yang sangat sering digunakan
Beberapa fungsi aplikasi akuntansi yang sangat sering digunakan

Didalam kesempatan kali ini saya akan mencoba membahas tentang beberapa fungsi aplikasi akuntansi yang sangat sering digunakan, aplikasi akuntansi adalah sebuah sistem pencatatan suatu transaksi keuangan pada computer yang disesuaikan dengan jenis usaha yang dilakukan, yang dimana aplikasi ini mencatat transaksi keuangan pada sebuah bisnis dan menyediakan berbagai jenis laporan keuangan yang digunakan untuk melakukan pengontrolan keuangan maupun membuat suatu keputusan yang diambil.

aplikasi akuntansi

Pada saat ini sudah banyak aplikasi akuntansi yang beredar dengan berbagai spesifikasi dan beberapa fitur nya.

Nah mungkin ini beberapa fungsi aplikasi akuntansi yang sering digunakan untuk membatu perusahaan agar dapat mengelola keuangan nya dengan baik dan benar yaitu :

  1. Neraca keuangan

Yang dimana neraca keuangan adalah laporan keuangan yang dihasilkan dalam periode akuntansi tertentu yang menunjukan posisi keuangan perusahaan pada suatu periode tersebut, yang nantinya laporan ini yang akan digunakan sebagai bahan dasar dalam pengambilan suatu keputusan bisnis, yang dimana neraca keuangan terdiri dari asset, liabilitas dan ekuitas yang fungsinya dari neraca adalah untuk memberikan informasi laporan keuangan perusahaan secara detail dengan menampilkan keuntungan dan kerugian suatu perusahaan.

  1. Inventory

Yang dimana inventory adalah aset yang dimiliki oleh perusahaan baik dalam bentuk barang jadi atau barang yang masih dalam proses pembuatan. Jadi terdapat tiga kelompok inventory yaitu satu penyediaan bahan baku, dua persediaan masih dalam proses dan yang ketiga persediaan barang jadi. Aplikasi akuntasi menyediakan menu gudang dan terdapat menu inventory didalam nya yang bisa diinput dan dimonitor untuk mendapatkan informasi stok barang yang akurat.

  1. Purchasing

Yang dimana purchasing adalah proses pencarian bahan baku produksi yang akan digunakan dalam keghiatan produksi sebuah bisnis, prose pembelian membutuhkan purchase order yang digunakan sebagai bahan bukti pembelian perusahaan, aplikasi akuntansi juga menyediakan fitur ini untuk membuat laporan pembelanjaan atau pembelian.

  1. Penjualan

Yang dimana penjualan merupakan hasil dari produksi yang sudah siap, selain menampilkan informasi produk fungsi ini juga menampilkan secara detail dari diskon dan pajak yang fungsinya penjualan ini adalah fungsi yang sangat penting dalm proses keuangan suatu perusahaan.

  1. Persediaan barang atau stock opname

Yang dimana fungsi ini sangat penting untuk menghitung persediaan barang yang ada di perusahaan anda. Yang dimana tujuan diadakan stock opname adalah untuk mengetahui kebenaran catatan dalam pembukuan, sehingga akan diketahui apakah catatan dalam pembukuan stock opname sesuai atau tidaknya.

Mungkin cukup sekian penjelasan dari saya tentang beberapa fungsi aplikasi akuntansi yang sering digunakan, mudah-mudahan ini dapat membatu anda sekalian dalam mengambil keputusan atau mendata semua aset dari perusahaan yang anda kelola, terima kasih.