Asal Mulanya Celana Jeans, Dan Mengapa di Celana jeans ada Kantong didalam Kantong?
Asal Mulanya Celana Jeans, Dan Mengapa di Celana jeans ada Kantong didalam Kantong?

Kantong Celana Jeans Beritamini.com- pada tahun 1560-an untuk pertama kalinya jeans dibuat di Genoa, Italia. Jeans pada saat itu sering digunakan oleh Marinir. Di Prancis Jeans sering disebut dengan sebutan “bleu de genes” yang memiliki arti “biru Genoa”, meskipun celana jeans diproduksi dan digunakan di Eropa, akan tetapi celana jeans dipopulerkan sebagai fashion di Amerika Serikat oleh Levi Strauss, pada saat itu dia mencoba ke San Francisco sebagai penjual pakaian. Pada saat itu Amerika Serikat sedang mengalami demam emas, akan tetapi pada saat tiba di California semua barangnya ludes terjual, tapi yang tersisa hanya tenda yang kain yang berbahan kanvas, lalu Levi membuat celana dari bahan tersebut lalu dijual ke para pekerja pertambangan emas.

Para pekerja sangat menyukai celana tersebut karena tahan lama dan tak mudah robek, lalu Levi menyempurnakan celana jeansnya dengan membeli bahan dari Genoa yang disebut “genes” yang oleh Levi diubah namanya menjadi “blue jeans”, pada akhirnya para pekerja pertambangan emas sangat menyukai celana buatan Levi, lalu mereka menjadi celana itu sebagai celana resmi mereka untuk bekerja di pertambangan emas, lalu mereka menyebut celana buatan levi dengan sebutan “those pants of Levi’s” yang berarti “celana si Levi”.

Pada tahun 1880 Levi yang memiliki naluri bisnis yang baik yang membuatnya memiliki ide untuk bekerja sama pengusaha Jacob Davis dan produk pertama mereka adalah “Levi’s 501”. Mengapa ada kantong didalam kantong celana jeans, karena sebenarnya celana jeans fungsi aslinya adalah sebagai celana untuk pertambangan emas, pada celana jeans memiliki kantong sebanyak 5 kantong: 2 di belakang, 2 di depan, 1 di dalam kantong depan sebelah kanan , sebenarnya kantong kecil yang berada di dalam kantong depan sebelah kanan memiliki fungsi untuk menyimpan butiran-butiran emas.