Anyaman Ketak Si Unik Istimewa
Anyaman Ketak Si Unik Istimewa

Anyaman ketak kini merupakan salah satu jenis kerajinan tangan yang menjadi andalan bagi masyarakat Nusa Tenggara Barat. Kerajinan yang diwariskan turun temurun sejak tahun 1986 ini masih terus berkembang hingga sekarang dan menjadi sector industry yang berkembang pesat dan mampu menampung tenaga kerja hingga 25 ribu orang dan menyerap investasi sebesar hampir 3 miliar rupiah, dan sudah di exspor ke hampir semua negara berkembang seperti German, Prancis, Inggris dan yang terbesar saat ini ialah Jepang. Meskipun demikian ternyata tak banyak orang Indonesia yang mengetahui kerajinan ketak ini. Kerajinan yang terkenal akan keawetan dan kelenturan dari bahan bakunya ini menjadi ciri khas buah tangan wilayah Lombok Nusa Tenggara Barat. Ketak yang merupakan salah satu tanaman berjenis paku – pakuan ini tumbuh liar di hutan – hutan di Nusa Tenggara Barat, terutama di desa Nyurbaya gawah kecamatan Narmada Kabupaten Lombok barat yang memiliki persediaan bahan baku yang melimpah ruah. Tanaman berjalar ini memiliki bentuk batang seperti rotan namun lebih kecil dan lebih elastis sehingga mudah dibentuk / dianyam sesuai dengan keinginan, dengan warna yang tampak alami, kerajinan ketak ini telah mampu menyokong perekonomian masyarakat di daerah NTB pada umumnya.

Diprakarsai oleh pemilik art shop UD. Nusa Indah yang terletak di Presak Karang Bayan Lingsar Lombok Barat, industry kerajinan ketak dibawah binaan Disperindag NTB ini membuat sebuah blog yaitu ketaknusaindahlombok.blogspot.com yang selain menawarkan produk – produk kerajinan tangan ketak, juga memberikan informasi dan pengetahuan cara membuat sebuah kerajinan ketak bagi masyarakat Indonesia umumnya.

Anyaman Ketak Si Unik Istimewa

Keunikan Anyaman ketak 

Produk kerajinan tangan ketak ini dibuat secara tradisional mempertahan kan tradisi turun temurun, seperti para pengrajin di UD. Nusa Indah yang menjelaskan proses  pembuatan satu buah kerajinan ketak, dari mulai proses penjemuran pengasapan selama 3 hari guna mendapatkan warna yang sesuai, kemudian dilanjutkan dengan proses pengeringan yang berlangsung selama 3 hari 3 malam, sehingga menghasilkan produk kerajinan yang aman dari jamur, rayap, bebas bahan kimia, ditambah dengan semakin lama kerajinan ketak itu disimpan warna nya akan semakin timbul dan eksotis, hal ini lah yang membuat kerajinan ketak sangat unik, sehingga banyak wisatawan mancanegara maupun wisatawan local yang tertarik mengikuti proses pembuatan secara langsung di workshop UD. Nusa Indah.

Produk – produk Anyaman ketak di ketaknusaindahlombok.blogspot.com

Selain memiliki keunikan dan keistimewaan tertentu, pada awalnya masyarakat mengayam ketak untuk keperluan rumah tangga sehari – hari, dengan bimbingan design dari pemerintah, para pengrajin ini mampu menghasilkan berbagai macam produk dengan design dan corak yang berbeda – beda seperti yang tersedia di ketaknusaindahlombok.blogspot.com yang menyediakan berbagai perlengkapan rumah tangga, dari tempat tissue, tempat buah, tatakan gelas hingga tas dengan macam – macam model yang trendi dan tentu saja beda dari yang lain, jadi tak salah lagi bagi yang menginginkan produk anyaman ketak yang unik dan beda, UD. Nusa Indah dengan blog’nya ketaknusaindahlombok.blogspot.com menyediakan semua.