Menu

Sejarah Peci di Turki

peci

Ini merupakan sekilas tentang sebuah sejarah peci diturki. Pada tahun 1826 Sultan Mahmud II pada Kekaisaran Ottoman mulai melakukan mereformasi pada angkatan bersenjatanya. Adanya dimodernisasi pada Militer termasuk pada seragamnya yang mulai mengadopsi gaya Barat dan sebagai seragam pada bagian kepala sebagai topi dipakailah fez dengan dilengkapi aksesoris kain yang melilit.

Tanpa lilitan

Tahun 1829 Sultan memerintahkan kepada para pejabat sipil untuk memakai fez polos tanpa lilitan, dan juga mulai melarang pemakaian turban. Tujuan dari kebijakan ini merupakan untuk memaksakan pada rakyat yang umumnya untuk mulai membiasakan menggunakan fez sebagai penganti topi topi lama mereka atau turbah, dan rencana tersebut berhasil. Ini adalah ukuran radikal egalitarian, yang menggantikan hukum sumptuary rumit yang menandakan kasta dan setatus sosial,dan kebebasan pada kaum diluar islam,atau  pertanda reformasi Tanzhimat.

Peci

Meskipun pengrajin dan pedagang /penjual peci saat itu umumnya menolak menggunakan fez itu. Fez menjadi sebuah simbol modernitas di wilayah sekitar Turki, dan mulai di ikuti oleh wilayah wilayah lainya diwilayah otoritas turki.

Dikarenakanya mulai meluasnya penggunaan Fez ini telah menimbulkan efek peningkatan permintaan produksi Fez yang sangat besar, akhirnya  samapailah di bawa masuknya para pengrajin Fez dari wilayah Afrika Utara untuk bermigrasi ke Konstantinopel, dan didirikan disana sebuah pabrik di lingkungan Eyup turki. Dan lalu dikembangkannya lagi gaya/mode untuk Fez dengan membuat  bentuk, tinggi, bahan, dan warna yang pareatif dipasaran.

Warna merah dan merlot merupakan warna yang cukup mencolok untuk Fez pada mulanya didapat dengan melalui cara ekstrak cornel. Akan tetapi,sejak penemuan bahan lebih murah yaitu pewarna sintetis menimbulkan sedikit pergeseran pada produksi topi untuk pabrik-pabrik Strakonice, yang ada diRepublik Ceko.

Tampilan fez

Awalnya tampilan fez merupakan topi yang tidak memiliki tepi merah, putih, atau hitam dengan sorban tenunan sekitar sisinya . Adanya perubahan larangan pemerintah saat itu dari citra tradisional lalu sorban itu dihilangkan dan dengan warna tetap merah.

Fez adalah cikal bakal dari peci yang kita kenal saat ini yaitu peci, kopiah, atau songkok. Banyak yang menjadi agen grosir peci /jual peci murah  dan terjangkau di berbagai kota besar,yang berupa agen-agen mau pun para penjual perlengkapan baju muslim dan oleh-oleh haji. Yang bisa ditemui bahkan berbagai model dan gaya/khas dari daerah lain /negara lain.

sumber : http://www.azkafadagrosir.com/

Related For Sejarah Peci di Turki

Page

    Page

      Page