Menu

Mengapa Harus Menggunakan Jasa Konsultan ISO Jakarta? Inilah Alasannya

April 21, 2016 | Bisnis

Setiap perusahaan atau organisasi pasti menginginkan barang dan jasa yang dihasilkan memiliki mutu yang baik, memiliki lingkungan kerja yang sehat dan aman dan tidak merusak lingkungan serta dapat mengendalikan biaya energi sefisien mungkin. Hal ini yang membuat Jasa Konsultan ISO Profesional di Jakarta Change Konsultan (http://changekonsultan.com) memberikan jasa konsultansi ISO 9001 Sistem Manajemen Mutu, ISO 14001 Sistem Manajemen Lingkungan, OHSAS 18001 Sistem Manajemen Kesehatan dan Keselamatan Kerja, ISO 22000 Sistem Manajemen Keamanan Pangan, ISO 27001 Sistem Manajemen Keamanan Informasi dan ISO 50001 Sistem Manajemen Energi.

Selain memberikan konsultansi Change Konsultan juga memberikan pelatihan untuk mendukung penerapan Sistem Manajemen di perusahaan. Banyak perusahaan yang tidak efektif menerapkan sistem manajemen karena tidak didukung oleh karyawan yang tidak kompeten. Ada keahlian khusus yang dibutuhkan agar Sistem Manajemen yang diterapkan benar-benar memberikan nilai tambah dan manfaat bagi perusahaan. Jenis pelatihan yang dapat diikuti dapat dilihat pada website Change Konsultan yaitu http://changekonsultan.com

konsultan iso,jasa konsultan iso 9001 jakarta

Apa saja manfaat penerapan Sistem Manajemen ISO? Berikut ini beberapa hal mengapa ISO penting bagi perusahaan :

  1. Meningkatkan kinerja perusahaan

ISO 9001 akan memberikan kerangka sistem kepada perusahaan untuk menghasilkan produk dan jasa yang bermutu dan mengurangi kesalahan dalam operasi pelaksanaannya. ISO 14001 akan membantu perusahaan meningkatkan kinerja pengelolaan lingkungannya dan mengurangi dampak terhadap lingkungan akibat proses yang dilaksanakan perusahaan. Sedangkan OHSAS 18001 akan menjamin seluruh karyawan dan pihak lainnya yang memasuki area kerja untuk mendapatkan lingkungan kerja yang sehat dan aman. Sistem Manajemen Keamanan Pangan ISO 22000 akan membantu perusahaan mengidentifikasi titik-titik yang membahayakan dan rawan bagi kemanan produk makanan yang diproduksinya. Konsultan ISO 27001 akan membantu organisasi mengendalikan keamanan data dan informasi sehingga dan Sistem Manajemen Energi ISO 50001 membantu perusahaan untuk menghemat energi dalam pelaksanaan produksi dan operasinya.

 

  1. Menjamin mutu produk dan layanan

Standar ISO 9001 akan menjamin mutu produk dan layanan dengan tujuan akhirnya adalah mencapai kepuasan pelanggan. Model sistem manajemen mutu ISO 9001:2015 mengendalikan proses mulai dari proses pemasaran, perancangan dan pengembangan produk, pembelian atau perolehan material, proses produksi, inspeksi dan pengujian atau kendali mutu, pengemasan dan penyimpanan produk, penjualan sampai dengan distribusi kepada pelanggan. Fungsi pendukung seperti Sumber Daya Manusia dan sarana prasarana juga masuk dalam pengelolaan sistem manajemen mutu.

 

  1. Menjaga kelesetarian lingkungan hidup

Standar ISO 14001 bertujuan untuk menjaga lingkungan dari dampak yang dihasilkan kegiatan perusahaan. Masalah-masalah lingkungan yang harus dikelola oleh perusahaan antara lain adalah pencemaran lingkungan hidup seperti emisi udara, pembuangan limbah cair, pengolahan limbah dsb. Perusahaan harus melakukan kaji awal lingkungan dan mengidentifikasi peraturan-peraturan lingkungan yang terkait dengan jenis industri perusahaan. Pemantauan sistem manajemen lingkungan dengan mengendalikan ukuran-ukuran yang ditetapkan dalam target dan sasaran jangka panjang. Kesesuaian terhadap peraturan lingkungan akan membantu perusahaan untuk tetap menjaga kinerja lingkungan dalam menjaga kelestarian lingkungan hidup.

 

  1. Mengendalikan risiko Kesehatan dan Keselamatan Kerja (K3)

Sistem manajemen kesehatan dan keselamatan kerja OHSAS 18001 memberikan kemampuan kepada perusahaan untuk mamu mengendalikan risiko-risiko K3 dan meningkatkan kinerjanya. Sistem ini membuat perusahaan dapat menghilangkan dan meminimalkan risiko kepada karyawan dan pihak-pihak terkait lain yang mungkin ditimbulkan oleh risiko K3 yang terkait aktifitas perusahaan. Perusahaan juga harus terus memelihara dan meningkatkan efektifitas OHSAS 18001 ini. Beberapa persyaratan yang harus dipenuhi antara lain menetapkan kebijakan K3, melakukan penilaian risiko dan menetapkan pengendaliannya. Proses penilaian risiko adalah mengidentifikasi kemungkinan terjadinya risiko dan tingkat keparahan yang terjadi apabila risiko ini terjadi. Dengan melakukan penilaian risiko perusahaan yang telah mendapatkan sertifikat OHSAS 18001 dapat mengendalikan risiko K3 untuk memberikan lingkungan kerja yang lebih sehat dan aman.

 

  1. Meningkatkan kepercayaan Pelanggan

Sertifikat ISO yang merupakan standar Internasional yang menjamin produk dan layanan. Hal ini membuat konsumen menjadi lebih percaya pada produk dan jasa yang dihasilkan. Perusahaan yang menerapkan sertifikat ISO akan menghasilkan produk dan jasa yang bermutu, dengan menjaga lingkungan kerja yang sehat dan aman dan menjaga kelestarian lingkungan hidup. Dengan memperhatikan seluruh kepentingan pihak terkait perusahaan yang menerapkan sertifikasi ISO dapat meningkatkan kepercayaan pelanggan dan juga akan membuka pasar ekspor pada pelanggan yang mensyaratkan penerapan ISO sebagai hal yang wajib bagi perusahaan.

Untuk penerapan Sistem Manajemen ISO 9001, OHSAS 18001, ISO 14001, ISO 22000, ISO 27001 dan ISO 50001, perusahaan dapat menghubungi Change Konsultan di 0812-860477 atau E-mail: changekonsultan@gmail.com dengan alamat : Beltway Office Park, Tower B Level 5, Suite 501 – Jl. Let Jend TB Simatupang No. 41, Jakarta 12550.

sumber artikel : konsultan iso

Related For Mengapa Harus Menggunakan Jasa Konsultan ISO Jakarta? Inilah Alasannya

Page

    Page

      Page