Menu

Beberapa Penemuan Alat Oleh NASA Yang Sering Kita Gunakan

September 3, 2015 | Berita Unik

Beritamini.com– Terkadang kita jarang mengatahui asal mulanya atau bagaimana cara kerjanya barang yang kita gunakan, pasti kalian sudah pada tahu NASA itu apa? NASA (National Aeronautics and Space Administration) adalah salah satu badan peneliti dan melakukan untuk mengembangkan peralatan luar angkasa. Akan tetapi kalian pernah menyadari peralatan NASA yang berguna dalam kehidupan sehari-hari? Sekarang kita akan membahas peralatan hasil penemuan NASA.

NASA

  • Alat-alat Tanpa Kabel

bor

Saat kamu sedang membersihkan kotoran dan debu di lantai rumah dengan menggunakan penyedot debu tanpa ada kabel, alat yang kalian gunakan itu sama dengan teknologi yang NASA gunakan Astornot ketika berada di bulan, walaupun yang pertama kali menemukan alat yang menggunakan tenaga baterai adalah Black &  Decker pada tahun 1961, penemuan alat oleh NASA adalah teknologi untuk menyempurnakan teknologi Black dan Decker seperti: penyedot debu bentuk genggam, alat medis nirkabel dan lain-lain.

Dalam persiapan misi Apollo ke bulan, NASA membutuhkan alat untuk mengambil sampel babatuan dan tanah dari bulan, bor yang kecil dan ringan, sangat cocok untuk menggali tanah di bulan, karena mencari colokan listrik dibulan itu adalah hal yang sangat tidak mungkin, NASA dan Black & Decker mengembangkan da menemukan alat-alat yang dapat meggunakan tenaga baterai, seperti bor magnet. Black & Decker membuat sebuah program komputer untuk mengurangi memaksimalkan dalam penggunaan tenaga baterai dan menimalkan alat dalam mengkomsumsi daya. Setelah NASA, Black & Decker usai menggunakan prinsip kerja tersebut untuk membuata peralatan lain untuk menjadi bertenaga baterai yang sekarang dapat dgunakan dalam kehidupan sehari-hari.

  • Pendeteksi Asap Kebakaran

smoke detector

Ketika ada asap pasti juga ada api, para peneliti NASA mengetahui fakta simpel itu, karena saat itu mereka mendesain Skylab. Skylab adalah sebuah stasiun luar angkasa pertama yang Amerika miliki, dan para astronot pun sudah tahu api maupun asap di kapal tidak boleh memasuki ruangan stasiun tersebut. NASA pun bekerja sama dengan perusahaan Honeyball, NASA pun menemukan alat pendeteksi asap dalam tingkat kesensitifan berbeda-beda unutk menimalisirkan kesalahan bunyi alarm.

Dan untuk dikomersilkan, alat ini dinamakan Ionization Smoke Detector, yang berarti alat ini menggunakan elemen Radio Aktif yang bernama Americium-241 berfungsi sebagai pendeteksi asap dan gas berbahaya. Ketika ada partikel-partikel seperti Oksigen dan Nitrogen bergera melalui alat detektor, Americium-241 mengionisasi partikel-partikel tersebut untuk dirubah menjadi partikel elektrik, jika asap yang masuk ke alat detektor, asap akan menggangu interaksi Oksigen dengan detektir, dan hal tersebut memicu alarm agar mengeluarkan bunyi.

  • Filter Air

penyaring air

Air adalah zat yang sangat penting tubuh kita untuk kelangsungan hidup kita. Karena kita tidak bisa hidup tanpa air. Kemampuan untuk menyaring air kotor menjadi air bersih, dan hal ini adalah pecapaian yang sangat luar biasa dalam ilmu pengetahuan.

Ketika para Astronot sedang berada diluar planet, para astronot pun susah mendapatkan air bersih, karena bakteri dan kuman dapat menjadi lebih berbahaya ketika di luar angkasa, teknologi penyaringan dikenal sejak pada tahun 1950, akan tetapi NASA ingIn mengtahui lebih dalam cara memurnikan air pada suatu keadaan yang ekstrim dan menjaga air agar tetap bersih dalamwaktu yang lama.

Jika kalian melihat filter air, kalian biasanya akan menemukan arang dalam bentuk yang kecil yang ada didalam filter, saat kalian pertama kali menggunakan filter air, kalian akan melihat flek hitam dalam kumpulan arang tersebut. Arang mengandung ion-ion perak, ion-ion tersebut berfungsi untuk menetralkan bakteri pathogen yang ada didalam air, dan sekaligus membunuh bakteri dalam air, filter pun dapat menghambat pertumbuhan jamur . sekarang perusahaan-perusahaan yang besar pun sudah menerapkan teknologi tersebut, dan juga banyak masyarakat telah menggunakan filter air dirumah mereka sendiri.

  • Lapisan Khusus Pada Landasan Pesawat

Lapisan yang terdapat pada jalan raya mungkin gaya geseknya lebih kuat, dan membuat kecelakaan lebih banyak akibat tergelincir, lapisan khusus awalnya digunkan oleh NASA pada tempat mendarat pesawat ulak-alik, akan tetapi sekarang lapisan tersebut sudah banyak dipakai di jalan tol didunia untuk menambah gesekan pada ban, meskipun dijalan air ha itu tidak akan menjadi masalah.

Related For Beberapa Penemuan Alat Oleh NASA Yang Sering Kita Gunakan

Page

    Page

      Page