Menu

Presentasi Powerpoint

May 13, 2014 | Artikel Promosi

Didalam beberapa kegiatan rapat, melakukan kegiatan presentasi powerpoint memang menjadi kegiatan rutinitas yang wajar dilakukan. Tentunya bukan berarti beberapa media lain juga tidak dapat diterapkan dalam kondisi seperti ini. Hanya saja jika melihat beberapa efektifitas waktu dan tempat, maka media pendukung berupa presentasi powerpoint ini cocok dilakukan untuk menyampaikan pemaparan materi rapat. Berapa pun jumlah orang yang akan mengikuti kegiatan sosialisasi yang membutuhkan materi pendukung, keberadaan media powerpoint ini cukup memadai untuk digunakan. Anda yang ingin menyampaikan materi melalui presentasi powerpoint ini dapat langsung membuat kerangka konsep materi yang akan dimasukkan dalam salah satu aplikasi microsoft office ini.

raja presentasi

Materi yang akan dimasukkan dalam powerpoint ini sebaiknya memenuhi beberapa syarat berikut ini, yaitu :

  • Materi merupakan kata kunci bahasan

Powerpoint selain dijadikan sebagai media pendukung pemaparan materi, keberadaannya cukup tepat jika kita sebut sebagai patokan atau kata kunci yang membantu ingatan kita untuk menjelaskan beberapa materi didalamnya. Secara tidak langsung, materi powerpoint ini mengandung kata – kata yang lugas, singkat, padat dan jelas. Kalau perlu, materi yang akan dimasukkan ke dalam powerpoint ini merupakan kerangka bahasan anda yang dapat meliputi gambar beserta ulasannya.

  • Materi sebaiknya menggunakan bahasa yang mudah dimengerti

Presentasi powerpoint bisa dibuat serta bisa digunakan oleh siapa saja. Dengan akses yang luas ini maka membuat keberadaan powerpoint menjadi primadona dalam setiap kegiatan pemaparan materi baik dalam lingkup formal maupun non formal. Untuk itu, dengan peran powerpoint yang cukup vital ini maka anda sebaiknya menggunakan bahasa penyampaian materi yang cukup mudah dimengerti. Seperti contohnya yaitu mengurangi kata – kata singkatan, menggunakan kata – kata yang bukan konotasi atau memakai kata – kata dengan arti yang sebenarnya serta mengurangi beberapa penggunaan peribahasa didalamnya.

  • Materi terdiri atas bahasa yang sesuai dengan sasaran

Membuat sebuah materi powerpoint yang berkualitas memang tidak semudah saat menggunakannya. Materi yang akan dipaparkan harus memiliki beberapa ketentuan yang akan meningkatkan nilai fungsi atau kegunaannya. Salah satu ketentuan ini dapat dicontohkan dalam penggunaan bahasa yang harus sesuai dengan sasaran. Kalau pun sasaran yang ditargetkan adalah anak – anak maka sebaiknya anda menggunakan bahasa yang unik serta menonjolkan unsur lucu dan juga sangat disarankan untuk menggunakan ornamen gambar yang menarik sehingga presentasi powerpoint yang anda berikan kepada anak – anak ini dapat menggerakkan antusias mereka.

  • Materi disampaikan dengan urut

Materi powerpoint tersusun atas kata – kata yang saling berhubungan satu sama lainnya. Untuk menciptakan keselarasan diantara kalimat ini maka dibutuhkan sebuah hubungan kata satu sama lainnya yang urut. Dengan kata lain, materi ulasan yang akan disampaikan tersebut harus sistematis sehingga memudahkan pembaca dalam melihat beberapa ulasan materi di lembar powerpoint tersebut.

  • Materi tidak memberikan makna ganda

Banyak sekali kita jumpai beberapa media pemaparan yang menyampaikan ulasan mengenai materi tertentu yang menimbulkan dualisme persepsi. Untuk itu, agar tidak terbentuk sebuah pemahaman ganda ini maka anda perlu melakukan pembuatan powerpoint dengan materi yang tidak memberikan makna ganda.

Itulah beberapa ketentuan materi yang perlu anda perhatikan dalam pembuatan presentasi powerpoint yang berkualitas. Selain pembuatan media presentasi powerpoint yang perlu dibuat dengan baik ini maka sebaiknya anda juga perlu mengimbanginya dengan cara pemaparan yang komunikatif.

Sumber : Raja Presentasi

Related For Presentasi Powerpoint

Page

    Page

      Page